Inovasi Desa Dalam Geliat Usaha Ekonomi Oleh TP PKK Lhok Mambang

Selamat siang salam sejahtera untuk sahabat steemian semua.

Hari ini saya akan berbagi tentang keberhasilan usaha dan inovasi yang digerakkan oleh ibu-ibu PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga). Kegiatan yang saya datangi langsung ini berada di Gampong Lhok Mambang, Kecamatan Gandapura, Bireuen.

image

Di desa ini terdapat Usaha Kerajinan Tangan seperti tas, dompet, alas duduk, sarung bantal sofa. Kerajinan ini berbahan baku kain perca. Harga satu unit berkisar 20.000 sampai 35.000 IDR.
image
Ibu ibu dan perempuan desa mendapatkan pelatihan dan dukungan dana dari APBDes Desa Lhok Mambang. Tahun 2017 disediakan angaran dengan total Rp 6.000.000. Tahun 2018, usaha ini akan dikelola di bawah Unit Usaha Badan Usaha Milik Gampong. Kisaran modal yang direncanakan sekita 100.000.000 IDR.
image
Kelompok ini akan menekankan inovasi di bidang promosi dan pemasaran hasil produksi. Pengadaan brousur yang memuat daftar produk, harga dan fungsinya akan memberikan kemudahan dalam promosi. Ketua kelompok juga akan merekrut sales promotion yang akan memperkenalkan produk melalui media sosial, dan komunitas lainnya.
image
Untuk tingkat desa akan dibangun Galeri Produksi yang akan menjadi pusat promosi Hasil Kerajinan Lhok Mambang.

Pengrajin yang sekaligus Ketua Pembina PKK Lhok Mambang sangat berharap inovasi yang mereka kembangkan diangkat dalam Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten. Dukungan berbagai pihak akan menjadi modal keberhasilan masyarakat.
image
Ya steemian, begitulah semangat para perempuan yang ingin maju. Mengambil peran dalam peningkatan sumber ekonomi keluarga.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *